Selamat Datang

Web Site Indonesia Rumah Ternak yang merupakan Group dari Indonesia Rumah Aqiqah, View Land, Tumbuh Comunity. Kami merupakan usaha dalam bidang Agribisnis.

Kantor pusat kami berada di malang, sedangkan peternakan kami berada di malang dan batu. Usaha yang kami kembangkan bergerak dalam bidang Agro dan sekarang masih bergerak dalam peternakan kambing dan sapi. Untuk Perkebunan yang kami tawarkan merupakan perkebunan Apell.

Kami membuka peranserta masyarakat luas dalam bantuan modal, dimana agar perkembangan usaha yang ada semakin berkembang. Sistim yang kami terapkan bagi pemodal adalah dengan sisitim bagi hasil yang di tetapkan di awal perjanjian.

JAYALAH PETERNAKAN INDONESIA

CO.CC:Free Domain

Pepaya Rumah Kaca di Gunung Baiyun


Pepaya Rumah Kaca di Gunung Baiyun


Pepaya jamaknya ditanam di lahan terbuka. Namun, di Gunung Baiyun, Ghuangzhou, Cina, Carrica papaya ditumbuhkan dalam
rumah kaca berteknologi modern. Suhu di bawah 5°C selama musim dingin biang keladi turunnya kualitas buah di pegunungan
yang berarti awan putih itu. Makanya pepaya perlu dirumahkan.

Memasuki The Guangzhou Fruit Science Research Institute di kota Jiufo, distrik Baiyun, Ghuangzhou, Cina, mata Trubus Iangsung tertumbuk pada sebuah rumah kaca berbentuk tunel. Rangka-rangka besi menopang atap yang diselimuti plastik UV putih. Bagian sisi cukup ditutup shading net.
Di dalamnya terlihat deretan pepaya setinggi 30—50 cm berbaris rapi dalam bedengan-bedengan. Terdapat 8 bedengan yang dipisahkan "parit" selebar 50 cm. Jarak antartanaman di dalam bedengan 1 m. Bedengan selebar 1 m itu ditutup mulsa plastik. Pada salah satu sisinya membujur pipa PE hitam. Pipa lateral itu dilengkapi pipa lebih kecil—disebut spaghetti cube— yang ditancapkan di setiap pohon.
Rumah kaca mutakhir
Di seberang bangunan berbentuk tunel itu terdapat greenhouse lain yang lebih besar. Rumah kaca berbentuk punggung babi {piggy back) itu lebih mutaknir. Atap bangunan terbuat dari solar tuffyang bisa dibuka tutup. Begitu pula dengan jendela-jendela di setiap sisi samping. Sistem pengairan persis seperti di dalam greenhouse pertama.
Rumah kaca seluas 2.000 m3 itu dikelola secara komputerisasi. Terdapat 2 komputer yang mengatur jadwal pengairan dan pemupukan. Suhu dan kelembapan juga diatur. Suhu ideal di dalam ruangan 25—28°C. Begitu sensor menunjukkan suhu terlalu tinggi, atap dan jendela secara otomatis terbuka. Keduanya menutup kembali setelah suhu stabil. Kestabilan suhu dijaga oleh kipas-kipas raksasa yang ada di salah satu dinding rumah kaca.
Di sana terdapat pepaya dewasa | setinggi 2 m yang digelayuti puluhan buah berukuran kecil seperti hawaii. "Ini; pepaya meizhonghong," tutur Zhang Zhi Ping, peneliti yang menemani Trubus] berkeliling. Varietas yang namanya berarti merah dan cantik itu paiing populer di Cina dan menjadi ungguian.
Gara-gara musim dingin
Pepaya yang ada di pasar umumnya berasal dari kebun konvensional. "Penanaman di dalam greenhouse ini untuk riset," ujar Zhang Zhi Ping. Pepaya asal daerah tropis yang kaya matahari dan udara hangat. Begitu suhu udara mencapai di bawah 5°C—seperti saat musim dingin di Gunung Baiyun, lokasi pusat penelitian—kualitas buah turun. Rasa meizhonghong yang manis berubah menjadi pahit. Makanya pepaya ditanam di dalam rumah kaca agar terhindar dari udara dingin. Dengan cara itu tanaman pun aman dari serangan hama penyakit.
Greenhouse pepaya yang dikunjungi Trubus itu ujicoba pertama. Hasilnya cukup memuaskan. Tanaman berumur 1 tahun menghasilkan 28 pepaya grade A. Bobotnya 0,5—0,7 kg, berdaging merah, dan manis. Kualitas itu yang diminta pasar. Di lahan terbuka rata-rata 22—25 buah, malah ada yang cuma 18 butir. "Sebenarnya produksi meizhonghong lebih dari itu," Ianjut Zhang Zhi Ping. Hanya saja buah-buah akhir berbobot di bawah 0,3 kg seperti yang Trubus saksikan dipanen untuk pakan sapi.
Menurut Zhang waktu panen pepaya dalam rumah kaca lebih cepat. Bila pepaya ditanam pada Maret, bunga mulai muncul Juni. Buah sudah dapat dipanen pada Agustus. Kalau di lahan terbuka pemanenan mundur sebulan. Kebun pusat penelitian seluas 2.000 ha itu juga memproduksi pepaya di lahan terbuka untuk dijual ke pasar.
Bibit meizhonghong berasal dari kultur jaringan. The Guangzhou Fruit Science Research Institute memang salah satu penghasil bibit kultur jaringan ternama. Selain menggunakan pupuk kimia, pusat penelitian sejak 1982 itu menggunakan tanah sisa tambak yang kaya bahan organik dari sisa pakan dan kotoran ikan. Pemberian dicampur sekaligus dengan media tanah. Pada saat setinggi 1 m, pohon dirundukkan menggunakan 2 tali yang diikat erat ke tanah. Tujuannya agar tanaman tetap kerdil sehingga mudah dipanen.
Di Taiwan untuk atasi hama
Sampai sekarang baru di The Guangzhou Fruit Science Research
Institute pepaya ditanam di dalam rumah kaca. Di tempat lain yang bersuhu lebih hangat cara itu merupakan pemborosan.
Sebenarnya beberapa petani di Tainan, Taiwan Tengah, juga "merumahkan" kebun pepaya tainung No.4. Namun, "rumah kaca" di sana lebih sederhana. Trubus melihat tonggak-tonggak kayu berukuran 2 kali lipat tinggi tanaman ditancapkan di beberapa lokasi. Itu untuk menyangga shading net yang dibentangkan menutup sisi samping dan atas kebun. Di negara Kepulauan Formosa itu rumah hanya untuk menghindari serangan hama lalat buah. (Evy Syariefa)
*) disadur dari Majalah Trubus

Kirim Artikel & Berita

Jenis :
Nama:
Alamat :
Email Address:
Pekerjaan :
Usaha Agro Peternakan
Pertanian
Perikanan
Perkebunan
Keterangan :

form creator

UPDATE HARGA KOMODITI PETERNAKAN

Jenis :
Nama:
Alamat :
Email Address:
Pekerjaan :
Usaha Agro Peternakan
Pertanian
Perikanan
Perkebunan
Keterangan :

form creator

PASANG IKLAN FREE

Jenis :
Nama:
Alamat :
Email Address:
Pekerjaan :
Usaha Agro Peternakan
Pertanian
Perikanan
Perkebunan
Keterangan :

form creator

Form Penyusunan Ransum Ternak

Nama:
Alamat:
Kota :
Email :
Usaha Peternakan :
Lokasi Peternakan :
Jenis Formulasi Ruminasia
Unggas

Untuk Ternak Ruminasia ( 1-6 dalam kolom di atas )

Jenis Ternak Ruminansia :
Bobot Badan : (Untuk Ruminasia)
Sex Ternak :(Untuk Ruminasia) Jantan
Betina

Untuk Ternak Unggas ( 7-16 dalam kolom di atas )

Jenis Unggas : (Untuk Unggas)

Daftar Bahan Pakan

Di lihat Tabel Yang Telah Tersedia " Isikan nomernya saja"

Bahan Pakan 1 :
Komposisi :
Harga :
Bahan Pakan 2 :
Komposisi :
Harga :
Bahan Pakan 3 :
Komposisi :
Harga :
Bahan Pakan 4 :
Komposisi :
Harga :
Bahan Pakan 5 :
Komposisi :
Harga :
Bahan Pakan 6 :
Komposisi :
Harga :
Keterangan :

== SELAMAT MENCOBA ==

Kami Akan Kirimkan Formulasi Lengkap Anda Paling Lambat 1 Minggu Setelah anda mengisi Form Formulasi Pakan

untuk hasil klik di sini

http://pbpirt.blogspot.com/

* Ingat Cek Daftar Tabel yang tersedia


Free email forms

  ©Indonesia Rumah Ternak - Jayalah Agribisnis Indonesia.

Desain Dari Zon Anugera | ATAS